Roh Percikan Illahi (Thought Adjuster), Tuhan yang tinggal dalam manusia


Mengapa Roh adalah kunci kehidupan abadi? Salah satu pokok terpenting Buku Urantia adalah Roh, khususnya Roh yang menempati manusia, yaitu Roh Percikan atau Pecahan dari Bapa Semesta. Inilah kunci dan inti dari yang namanya agama, Ia amat sangat penting sebab hanya Roh yang memberikan kehidupan setelah mati pada manusia! Roh Tuhan itu menempati manusia!



Tema mengenai Roh Percikan Illahi yang disebut buku ini sebagai the Thought Adjuster, atau Father's Fragment  atau Mystery Monitor dibahas dalam beberapa paper sekaligus:
107. Origin and Nature of Thought Adjusters  Asal usul dan wujudnya
108. Mission and Ministry of Thought Adjusters Misi dan pekerjaannya
109. Relation of Adjusters to Universe Creatures Hubungannya dengan makhluk2 alam semesta
110. Relation of Adjusters to Individual Mortals Hubungannya dengan kita
111. The Adjuster and the Soul Roh dan jiwa kita
112. Personality Survival (keselamatan hidup setelah mati)


Peran Roh itu vital, karena hanya Ia yang bisa memberi hidup setelah mati, artinya hidup kita tergantung dari Dia yang ada didalam kita, Roh Percikan Illahi itu. Buku Urantia memberikan penjelasan detil proses KEMATIAN manusia dan apa yang terjadi setelah mati, kemana perginya, syarat kelangsungan hidup abadi, wujud kita setelah mati, dan sebagainya.  
http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-47-seven-mansion-worlds
http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-112-personality-survival



Betapa pentingnya Roh ini berhubungan dengan Agamanya Isa Almasih/Yesus, pokok ajaran Buku Urantia. Isa itu semasa hidupnya sangat taat pada Roh yang ada didalamnya, Roh dari Bapa nya.  

Roh itu tidak pernah keliru. Ia bicara dari dalam hati nurani yang terdalam.


UB bicara tentang fakta ini, bahwa keselamatan dan kehidupan abadi akan terjadi jika kita meniru dan mengikuti teladan Nabi Isa atau Yesus, yaitu dengan mengikuti petunjuk Roh yang di dalam. Yesus melakukannya, dan membuktikannya, karena ia hidup setelah mati sebagai bukti. Kalau kita ikuti metodenya, pasti kita akan mencapainya juga. Kata UB, hidup ini seperti masa pacaran atau pertunangan antara kita dan Roh yang menempati kita.  Kalau cocok dan kita kooperatif maka akhirnya kita akan menyatu selamanya dengan Roh dan mendapatkan hidup abadi.

Inilah teknik atau metode riil dimana orang mendapatkan keselamatan atau kehidupan abadi. Bukan hanya janji tapi tidak tahu mekanismenya. Roh Tuhan itulah hidup kita! Sebab itulah tema mengenai Roh ini sangat penting. Pengalaman dengan Roh itu nyata, seragam, universal dan umum pada diri setiap orang, beragama atau tidak, apapun agamanya. Salah satu "pekerjaanNya" adalah mendorong manusia untuk mencari kebenaran. Agama itu dipelopori oleh Roh. Yang disebut "agama" itulah tanggapan manusia terhadap pekerjaan Roh. Spiritualitas itu pekerjaan Spirit.

Roh yang diuraikan dalam Buku Urantia ada tiga yang penting:
1. Roh Kehidupan pemberi nyawa pada semua makhluk. http://urantiabook.org/newbook/ub/ppr036_5.html  Roh ini berasal dari Mother Spirit alam semesta lokal kita. 
2. Roh Kebenaran, Rohnya Michael Christ, yang membantu dan mewakili Dia. http://www.urantia.org/en/urantia-book-standardized/paper-194-bestowal-spirit-truth
3. Roh yang Didalam manusia. Pecahan atau fragmen dari Bapa Semesta. Disebut Thought Adjuster sesuai pekerjaannya. Informasinya panjang lebar sesuai yang sudah dicantumkan di atas, di Paper 107-112.  


Kita mencari keselamatan ke segenap penjuru dunia dan mencoba berbagai tatacara, namun tahukah Anda bahwa kunci kehidupan abadi itu ada di DALAM diri Anda sendiri?  

Pasti Anda sudah mengalami pengalaman dengan Yang Didalam, bukan?

10 komentar:

  1. bodoh, sungguh bodoh sekali penjelasan roh dari Urantia ini. Ini namanya pembodohan massal!

    BalasHapus
  2. JIKA ANDA MENGATAKAN BODOH DALAM TANDA KUTIP, APA PENJELASAN PINTAR ANDA TENTANG ROH? KOMENTAR ANDA MENUNJUKKAN BETAPA ANDA TIDAK MEMAHAMI KOMPLEKSITAS CIPTAAN BAPA, SIAPA ANDA DALAM LUASNYA ALAM SEMESTA INI.

    BalasHapus
  3. Inilah misteri alam semesta. Rahasia kehidupan abadi itu ternyata ada dalam diri kita sendiri. Misteri itu adalah sebuah paradoks dan ironi yang dirancang Tuhan dalam desain alamsemesta dan manusia.
    Orang melakukan semua tatacara dan mengunjungi semua tempat dan mendengar semua khotbah dan melakukan semua hukum dan menghafal semua kredo dan mengucapkan jutaan doa bahkan mengorbankan hidupnya, atau menggapai semua ketenaran dan memiliki semua harta dan prestasi, TETAPI tidak taat pada Yang Di Dalam, pada "suara kecil" yang bicara selalu dari dalam, itulah kebodohan terbesar yang tidak akan termaafkan dalam kekekalan ... itulah makna perkataan Isa bahwa orang yang berdosa pada Roh tidak akan bisa diampuni.

    BalasHapus
  4. Betul sekali Bung Widi ! Menyelaraskan seluruh pemikiran dan tindakan dengan selalu mendengar dari dalam "sang Pilot Light" itu sendiri menjadi hal yang teramat sulit. Di saat tertentu kita mampu melakukannya, namun di saat yang lain kita melanggarnya kembali. Kehendak bebas mengalahkan semuanya!

    BalasHapus
  5. sekilas membaca buku ini memang dibutuhkan keterbukaan pemikiran karena membedah hal yang demikian mendalam dari rahasia2 kehidupan yg selama ini jarang di expose, saya jadi teringat ketika mempelajari tasawuf, salah2 pemahaman bisa di cap sesat, jadi mengupas buku ini membutuhkan pembimbing yang tentunya mumpuni dan berpandangan luas

    BalasHapus
  6. Pengalaman yang akan membinging, tinggal bagaimana pembaca menelaah dan menerapkannya dalam kehidupannya,,,dan menjadi bodoh sebenarnya adalah mereka yang mudah memberi label pada setiap fenomena yang ada, sehingga membatasi luasnya semesta jiwa.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya agama yesus versi para rasul sama kok seperti yang di tulis buku urantia. Ajaran kekristenan yang dibawah para rasul menyatakan dengan istilah bahwa yesus adalah “firman” yang menjelma menjadi manusia (agama yang di bawa yesus "urantia Book" adalah definisi dari firman itu sendiri yang mencakup seluruh kehidupan yesus/agama yesus). Berikut saya kutip dari injil yohanes:
    Yohanes 1 : 1 - 3 : Firman yang telah menjadi manusia
    1 Pada mulanya adalah Firman ; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah 3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

    ada ayat firman yang lain yang lebih meneguhkan buku urantia seperti kita lihat pada kitab Kolose 1 : 15-20:
    (15) Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
    (16) karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
    (17) Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
    (18) Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
    (19) Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
    (20) dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
    Dan ada lagi ayat firman dalam kitap orang yahudi yang dalam alkitab disebut kitab perjanjian lama yaitu dalam kitab
    yesaya 9:6 = Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    BalasHapus
  8. pertannyaannya apa satu waktu semua agama akan mengakui yesus sebagai Allah Pencipta Alam Semesta ini? tidak hanya menganggap Yesus hanya sebagai Nabi (islam & yahudi) atau yesus sebagai orang suci untuk agama lainnya (buddha & hindu)?. sebab buku urantia mengatakan yesus akan datang lagi sebagai raja untuk memerintah atas dunia ini sama halnya dengan keyakinan kristen bahwa yesus akan datang untuk memerintah sebagai raja selama 1000 tahun damai di dunia ini.

    BalasHapus
  9. wow.. ternyata benar.. selama ini aku pacaran dgn ROH KUDUS..

    BalasHapus
  10. memang betul, smua roh tuh adalah pecahan dr pencipta. hanya kebanyakan mnusia blm menyadari hati kecil yg di dlm diri nya, krna terpaku dgn tubuh kasar ini. dan asal kita pun smua brasal dr surga dan ank2 Tuhan. mau agama muslim, kristen, buddha, hindu, konghucu smua adalah sdara n ank2 Tuhan.

    BalasHapus