Kekuatan dan Kelemahan Buku Urantia

Apa kekuatan dan kelemahan Buku Urantia? Berikut adalah kekuatan dan kelemahannya. Banyak situs membahas Buku Urantia, tetapi mereka tidak membacanya sendiri, padahal saya membaca seluruh isi buku ini 2 (dua) tahun baru mengerti garis besarnya dan sebagian besar konsepnya, lalu masih mempelajarinya lagi selama 10 tahun hingga saya berani menyampaikan isinya dalam bahasa yang lebih sederhana.



KEKUATAN BUKU URANTIA
Beberapa pokok kekuatan buku ini adalah:

- Buku ini tema sentralnya tentang Tuhan, konsepnya tentang Tuhan bagus. Beberapa paper pertama khusus bicara tentang Tuhan, dan itu tidak ada bandingannya. Jelas, lengkap dan luar biasa komprehensif. Konsepsinya tentang Tuhan atau teologianya bagus dan unggul. 

- Buku ini sistematik. 2000 halaman disusun secara tematik dan sistematik, urut, mulai dari Tuhan, alam semesta pusat, pribadi-pribadi alam semesta pusat dan struktur alam raya, ke pemerintahan alam semesta lokal dan berbagai sejarah yang terjadi termasuk pemberontakan Lucifer, berbagai aspek fisik, evolusi, dan manajemen alam semesta, terus berlanjut ke asal-usul Bumi dan seluruh sejarah geologi, kehidupan pertama, evolusi binatang hingga manusia pertama, kedatangan Adam Hawa, evolusi peradaban manusia, asal usul semua agama manusia, apa itu agama, berbagai asal-usul praktek dan tatacara agama, berujung pada puncak agama yaitu Roh yang ada didalam manusia, dan diakhiri oleh 700 halaman paparan cerita contoh teladan nyata manusia bernama Yesus atau Isa, yang agamanya adalah agama rohani atau mengikuti petuinjuk Roh yang didalam dia, dengan detil cerita yang melebihi sumber manapun. Sangat urut dan kemprehensif, mencakup segala sesuatu mulai dari yang sangat abstrak hingga yang terapan, dari konsep hingga praktek, dari Tuhan hingga alam semesta dan manusia. Semua ada, diurutkan dalam bahasan satu persatu, membahas tema menyeluruh. Buku ini terbuka untuk cross-checking, studi tematik, studi teologia, studi kritis ilmu pengetahuan, dengan bantuan komputer software yang sudah ada.
Misalnya, yang mudah saja, buku ini memuat begitu banyak data tanggal dan tempat. Cobalah kunjungi http://urantiaindonesia.blogspot.com/2011/06/tanggal-waktu-timeline-dan-tempat-dalam.html

- Buku ini ditulis tidak untuk orang yang sudah puas dengan pengetahuannya, melainkan yang ingin maju melebihi yang diajarkan. Tujuannya tidak untuk mengganti agama Anda atau membuat Anda pindah agama atau sejenisnya, tetapi untuk memperluas pemahaman alam semesta dan spiritualitas untuk diterapkan dan dikembangkan dalam agama yang Anda ikuti sekarang.


- Buku ini bisa menjadi sumber referensi yang baik Saya akan tunjukkan melalui "apa kata urantia book tentang tema ini?" Kita akan terkejut betapa universal dan luasnya pemahaman buku ini, disajikan dalam bahasa modern, bukan dalam bentuk puisi atau prosa untuk ditafsir-tafsir. Buku ini bukan untuk banyak ditafsirkan. Seringkali bahasa yang dipakai panjang, selengkapnya, dengan tujuan supaya tidak banyak ditafsir-tafsirkan. Penafsiran itu dianjurkan, karena para pewahyunya menulis bahwa disengaja ada berbagai detil yang tidak disampaikan, dan dipersilahkan manusia menganalisis sendiri, tetapi secara umum buku ini to the point, populer ilmiah, tidak dalam bentuk kiasan.  

- Buku ini ditulis oleh penulis non-manusia. Tidak ada manusia mengaku menulis 2000 halaman buku yang begitu rumit tetapi sistematis ini. Tidak pernah ditemukan siapa penulisnya, kecuali yang mengaku dalam paper-paper itu, dan nama mereka aneh-aneh, pribadi-pribadi bukan-manusia. Jadi buku ini adalah pemahaman makhluk ekstra-manusia, ekstra-planet, supranatural, atau supramanusia. Maka kalau buku ini sulit dipahami, jangan salahkan penulisnya, karena mungkin kita yang terlalu berprasangka tentang jagad raya setrilyun bintang sementara kita ingin memahaminya dengan otak kita yang hanya segenggam. Gunakan otak dan nurani yang tertinggi, jangan prasangka yang terlanjur diindoktrinasikan oleh masyarakat kita sekarang.

- Detilnya sangat aneka ragam, tetapi intinya sangat sederhana. Bayangkan bahwa inti Urantia Book bisa disimpulkan dalam beberapa kalimat berikut: Tuhan itu Bapak yang pengasih dan penyayang, baik, indah, adil, kekal, tanpa batas, mahatahu, dan mahakuasa. Tuhan lebih besar dari semua yang bisa dibayangkan manusia. Alam semesta ini karya Tuhan. Tuhan itu hidup. Ia mencipta, mengelola dan mengendalikan segala sesuatu. Rohnya menyelimuti dan memberi kehidupan di alam semesta. Manusia bisa mencapai kehidupan abadi jika ia bersatu dengan Roh Tuhan.Untuk mewahyukan dirinya menjangkau yang terendah di alam semesta ini, Tuhan menyatakan diri melalui para Puteranya, dari yang tertinggi hingga yang terendah. Manusia yang mengenal Tuhan disebut anak-anak Tuhan dalam keluarga alam semesta. Mereka diminta untuk hidup sesuai kehendak Tuhan, yang Rohnya ada dalam dirinya.

- Buku ini ditulis sesuai pendapat oknum-oknum supranatural, yang meskipun lebih tahu dibanding kita, tetapi mereka bukan Tuhan, jadi ada kemungkinan mereka keliru atau kurang tepat. Kita yang lebih bodoh belajar menambah pengetahuan tidak ada salahnya bukan? Berbagi pengetahuan dengan oknum-oknum supranatural. Anggap saja buku ini buku pengetahuan, jangan dianggap kitab suci atau wahyu! Kalau ada isinya berguna, pakai, kalau tidak, abaikan!  

- Buku ini disampaikan dalam konteks manusia tahun 1940-an. Bayangkan jika ada istilah iptek yang tidak cocok dengan sekarang. Harus dipahami. Bukan berarti salah. Memang begitulah kondisi pengetahuan abad 20. Urantia Book memuat banyak sekali DATA waktu dan sejarah. Mungkin saja ada data ilmu pengetahuan dinilai tidak tepat karena kurang dipahami penerimanya pada tahun 1940, atau mungkin penemuan manusia yang belum sampai kesana.

Kemudian orang mencari-cari kelemahan buku ini ... kecil-kecil ... Seperti mencari setitik noda di lukisan agung yang lebar. Orang tidak menikmati keindahan karya besar itu karena setitik noda di lukisan itu ... 
.
Salah satu yang diungkap adalah nama local system perbintangan kita yang bernama SATANIA. Itu nama sebuah sistem perbintangan dimana planet ini ada, bukan nama orang. Dikaitkan dengan asistennya Lucifer yang bernama SATAN, lalu dicurigai bahwa buku ini dari Satan atau Iblis. Nah, Buku Urantia terang-terangan menuduh Iblis, Satan dan Lucifer itu pemberontak sesat terkutuk dan akan dihakimi dan dimusnahkan karena mereka melakukan kejahatan dan menolak pengampunan. Kesalahan Satan dibuka semua di buku ini, lebih jelas dari kitab suci manapun. Bagaimana mungkin buku ini dari Satan?? Alasan ini mengada-ada dan jelas dibuat orang yang tidak membaca buku ini dengan baik, melainkan main kutip kesana kemari.

Alasan berikutnya, konsep mengenai Ketuhanan dianggap sangat tidak pantas. Darimana tidak pantasnya? Yang mana tidak pantas? Bukannya buku ini mengemukakan konsep Tuhan yang lebih baik dari semua konsep yang lain?

Alasan lain, buku ini menyanggah konsep penebusan Yesus untuk memuaskan Tuhan atau Yahweh. Memang Yahweh itu minta penebusan seperti halnya dewa-dewi kuno yang menyeramkan. Sampai hari ini ada dewi kegelapan seperti Cali di India minta kurban nyawa dan darah. Apa pantas konsep ketuhanan serendah itu? Coba pikir ulang ajaran ini. Tatacara potong kambing domba Paskah itu ditentang oleh Yesus, sampai-sampai Yesus memperkenalkan sakramen perjamuan kudus demi untuk mengganti tatacara sadis semacam itu. Lalu apakah Tuhan yang pengasih, penyayang dan pengampun itu perlu kurban dan penderitaan binatang yang tidak bersalah apa-apa itu? Doktrinnya yang salah. Teori buatan manusia itu bisa salah. Yesus tidak salah. .


Buku Urantia dituduh hendak menyebarkan agama baru. Bukan agama baru, tetapi agama yang pernah dijalani sendiri oleh Yesus, dan yang sekarang tidak dijalankan lagi oleh agama yang memegang namanya. Apakah salah kembali pada agamanya Isa yang semula, bukan agama yang didefinisikan muridnya dan orang lain?

Ada lagi yang membantah mengenai Roh Percikan Illahi yang tinggal dalam diri manusia. Padahal ini fakta yang ditemukan para praktisi dalam bidang spiritual. Buku Urantia menyebutkan ada tiga Roh ilahi yang bekerja bersama di Bumi.
1. Roh Kehidupan yang memberi nyawa pada semua makhluk hidup. Roh ini dikontrol oleh pasangan Michael, yaitu Mother Spirit, dan terdiri dari sirkuit tujuh roh inteligensi yang memberi kecerdasan pada semua mahkluk hidup. Kalau Roh ini menarik diri, makhluk akan mati. Mulai dari refleks, pengetahuan, keberanian, hingga yang kecerdasan tinggi seperti roh ibadah (worship) dan roh hikmat, yang hanya dimiliki manusia. Roh ini memberi hidup pada semuanya: tumbuhan, hewan, hingga manusia.
2. Roh Kebenaran, itu adalah Rohnya Isa, Rohulqudus, Roh Kudus, yang bekerja mewakili dan membantu Yesus atau Isa menyebarkan pesan-pesan kebenaran (Injil = kabar baik) di alam semesta. Roh pemberi pengetahuan dan kebenaran. Bekerjanya dari luar manusia dan harus dibukakan pintu hati agar ia bisa masuk dan mengajar manusia. Roh ini menyelimuti seluruh Bumi dan alam semesta kita.
3. Roh Percikan Illahi yang di dalam manusia. Itu asalnya dari fragmen atau pecahan dari roh Bapa Semesta. Ia datang pada waktu seorang anak bisa mulai membedakan moral atau memilih antara yang baik atau jahat. Tiap orang diberi satu roh percikan illahi ini. Ia sekarang ada di dalam kita semua, dan tugasnya adalah menjadi pembimbing atau penuntun kita. Lebih jauh lagi, Roh ini adalah pemberi kehidupan kita setelah mati, karena jiwa manusia tidak akan bisa hidup dengan sendirinya setelah tidak punya badan fisik lagi.

Ketiganya bekerjasama dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Terakhir, ada yang menganggap buku ini terlalu sulit. Benar, saya perlu dua tahun, tetapi saya hanya ingin berbagi  pengetahuan ini secara gratis pada Anda sekalian. Siapa tahu Anda mengerti lebih banyak tentang buku ini dan mengenai spiritualitas yang diajarkan buku ini. Mari kita berbagi.

5 komentar:

  1. nice postingnya. Saya seorang kristen dan sudah sedikit membaca dari terjemahan buku urantia dalam bahasa indonesia. menurut saya justru tidak mengurangi rasa percaya saya pada kitab yang saya yakini saat ini (alkitab) karena seluruh “pengertian dasar” dari buku urantia adalah ajaran dasar dari para rasul. ada sedikit perbedaan pendapat memang mengenai sudut pandang penulis buku ini mengenai agama yesus atau agama yang dibawah oleh para rasul tapi justru tidak menurut saya kalo dilihat dari pengertian dasar yang kami yakini. Saya juga sependapat dengan penulis blog ini yang menulis : ( Buku ini ditulis sesuai pendapat oknum-oknum supranatural, yang meskipun lebih tahu dibanding kita, tetapi mereka bukan Tuhan, jadi ada kemungkinan mereka keliru atau kurang tepat. Kita yang lebih bodoh belajar menambah pengetahuan tidak ada salahnya bukan? Anggap saja buku ini buku pengetahuan, jangan dianggap kitab suci atau wahyu! Kalau ada isinya berguna, pakai, kalau tidak, buang! ).

    Sebenarnya agama yesus versi para rasul sama kok seperti yang di tulis buku urantia. Ajaran kekristenan yang dibawah para rasul menyatakan dengan istilah bahwa yesus adalah “firman” yang menjelma menjadi manusia (agama yang di bawa yesus "urantia Book" adalah definisi dari firman itu sendiri yang mencakup seluruh kehidupan yesus/agama yesus). Berikut saya kutip dari injil yohanes:
    Yohanes 1 : 1 - 3 : Firman yang telah menjadi manusia
    1 Pada mulanya adalah Firman ; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah 3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

    ada ayat firman yang lain yang lebih meneguhkan buku urantia seperti kita lihat pada kitab Kolose 1 : 15-20:
    (15) Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
    (16) karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
    (17) Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
    (18) Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
    (19) Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
    (20) dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
    Dan ada lagi ayat firman dalam kitap orang yahudi yang dalam alkitab disebut kitab perjanjian lama yaitu dalam kitab
    yesaya 9:6 = Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    ini dengan jelas sekali para rasul menulis tentang siapa sebenarnya yesus (sama dengan buku urantia) tapi apa yang membedakan????? yang membedakan kemungkinan besar karena ketidak tahuan si penulis buku urantia mengenai cara kerja Roh Kudus dari Allah Bapa Langsung ke hati manusia. Hal ini mengapa mereka menganggap si pencipta alam semesta ini kok maunya diam tanpa ada pembelaan sedikit pun waktu mau disalibkan bahkan si penulis buku urantia mengganggap ini suatu kebodohan yang dilakukan yesus, ketidak tauhan si penulis makluk tengah ini juga mengaku tidak mengetahui selama 3 hari kematian yesus, yesus berada di mana?. saya justru berpendapat bahwa cara kerja Roh Kudus dari Allah Bapa di sorga tidak selamanya diketahui oleh makluk ciptaannya termasuk si penulis buku ini karena mereka hanya saksi mata dari seluruh sejarah alam semesta.

    BERLANJUT DI BAWAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para agen supernatural itu bukan Tuhan, begitu juga dengan Paulus, Yohanes, rasul2 lainnya dan juga anda. Jadi itu semua pendapat pribadi masing2. Nikmati saja setiap pandangan tanpa perlu memaparkan kesalahan atau kebenaran berdasarkan asumsi. Jikalau jernih pastilah jernih.

      Hapus
  2. kami orang kristen percaya bahwa lusifer atau iblis untuk membuat manusia jatuh kembali ke dalam dosa adalah dengan melihat catatan sejarah perilaku orang tersebut selama hidupnya dimana kelemahan orang tersebut yang akan selalu diserang tapi lusifer atau setan tidak dapat memahami apa yang ada di hati manusia dimana Roh Allah tinggal. Karena cara kerja Roh Allah lewat Hati setiap orang percaya secara khusus tidak diketahui oleh malaikat atau ciptaan mana pun terkecuali hal2 tersebut dibukakan bagi mereka oleh Roh Allah.

    saya berpendapat yesus memilih diam untuk visi-nya yang hanya diketahui olehnya dan Bapa-nya di Sorga sehingga waktu dihadapkan pada pengadilan Dia memilih diam sampai pada kematiannya selama 3 hari dia di mana tidak diketahui oleh sluruh ciptaanya, termasuk si penulis buku ini.

    sebenarnya yesus mau membuat satu ikatan emosional antara dia dan manusia lewat pengorbanannya di kayu salib sehingga kita bisa menerima kasih dan roh kebenaran darinya (bayangkan kasih seorang sahabat yang harus menolong anda disaat anda mengalami kecelakaan bahkan harus mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatan anda?? Bukan kah itu contoh kasih “paling tertinggi” ? ). Hanya dengan menerima cinta kasih dia melalui pengorbanan akan membentuk satu ikatan emosi yang tinggi antara kita dan roh yesus. Dan kalo kita bisa menerima roh kebenaran yaitu yesus dalam hati kita secara pribadi maka kita juga akan menerima karunia Roh Kudus dari Allah yang biasa kita kenal dengan karunia2 roh.
    Berikut ayatnya sesuai tulisan rasul Paulus karunia-karunia Roh terdapat dalam 1 Korintus 12, yang seluruhnya ada sembilan karunia:
    Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. (1 Korintus 12:8-10)


    pertanyaannya apakah semua agama mau menerima yesus sebagai tuhan dan juru selamatnya dan menjadikan Dia sebagai Raja dan bapa pencipta mereka? Dan dilengkapi dengan hikmat tertinggi dari ALLAH BAPA melalui Bakat yang diberikan secara khusus dari BAPA ?. hanya orang yang memiliki ROH ALLAH yang dapat “membangkitkan orang mati”.
    Saya sudah menerima dia sebagai Raja, Allah pencipta, Bapa yang kekal dalam hati saya dan saya sudah menerima Roh Kebenaran itu. Apa agama lain bisa menetima Yesus dalam hati mereka? Jika tidak silahkan baca sisi pengetahuan buku urantianya saja. Yesus berkati

    BalasHapus
  3. jika benar lusifer sudah mati, iblis telah di kalahkan
    lalu mengapa agenda lusiferian seperti luminati dan sekutu-nya masih berjalan?
    kita tau sendiri kan, bagaimana mengerikannya tujuan mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus semua pada komen untuk membangun, dan mengali kebenaran. Mungkin yg bisa saya ambil semua agama adalah sama hanya saja agama itu melewati batasan-batasan waktu dan harus mengkondisikan diri agar tidak dikucilkan. Dan kita semua harus saling menerima walau agama kita beda. Pada hakikatnya semua menuju pada sang maha pencipta. Terimakasih

      Hapus